13 Juli 2018 16:17 wib
  • pendidikan

Seminar dan Talkshow Teman Taman Laut dengan tema “Potensi Bahari Sumatera Utara dan Upaya Pelestariannya” diselenggarakan Biologi Sains Club (BSC) Prodi Biologi bekerjasama dengan Marine Buddies Medan. Kegiatan ini diadakan pada hari Sabtu tanggal 30 Juni 2018 bertempat di Aula H. Anif UIN-SU Medan dengan tujuan mengedukasi publik khususnya mahasiswa dan pemuda tentang Kebaharian Sumatera Utara, menyangkut potensi maritim hingga mikroba laut. Selain itukegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran dan kepedulian pemuda untuk mengenali, mengunjungi, dan mengawasi potensi bahari luar biasa yang ada di Sumatera Utara.

Seminar dan Talk Show ini mempertemukan peserta yang terdiri dari mahasiswa, traveller, dan aktivis lingkungan untuk berdiskusi pada isu kebaharian di Indonesia khususnya Sumatera Utara. Kegiatan ini resmi dibuka oleh Ketua Prodi Biologi Husnarika febriani S.Si., M.Pd dan untuk pemaparan materi terdiri dari empat narasumber yang memiliki latar belakang berbeda dan membahas sub topik yang berbeda pula. Seminar dan talkshow ini dibagi kedalam 2 sesi, pada sesi I dengan narasumber Ulfayani Mayasari, M.Si (Dosen Biologi Fakultas Sains dan Teknologi UIN-SU Medan) dan Muhammad Ibrahim (Duta Maritim Sumatera Utara). Sesi II disajikankan oleh 2 narasumber lainnya yaitu Bapak Dr. Ir. Yoes Soemaryono(Hakim Tindak Pidana Perikanan) dan Rahman Muda Maulana (Horas Diving Club).

Materi pada sesi pertama membahas potensi bahari dari segi mikroba dan kondisi kelautan di Indonesia. Materi di sesi erikutnya membahas potensi bahari Sumatera Utara dan sosialisasi etika berwisata di kawasan konservasi bahari. Kegiatan ini dilengkapi dengan tanya jawab dari peserta dengan narasumber. Informasi yang didapatkan oleh peserta selama kegiatan berlangsung diharapkan menjadi bekal pengetahuan, sehingga bisa diterapkan dalam kegiatan yang berkaitan dengan kebaharian.Tercatat sebanyak lebih dari 100 peserta yang ikut mendaftar alam kegiatan ini terdiri dari mahasiswa biologi FST UIN-SU, Sea Soldier Medan, Komunitas Pecinta Biota Laut UNIMED, dan Horas Diving Club USU.