12 November 2019 15:15 wib

Prodi Biologi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sumatera Utara Medan telah melaksanakan Pengabdian Berbasis Program Studi Biologi yakni Pelatihan Pengolahan Limbah Padat Tahu menjadi Bahan Pangan bagi Masyarakat Desa Jentera Kabupaten Langkat Sumatera Utara pada tanggal 31 Agustus sampai 1 September 2019.

Kegiatan ini  merupakan implementasi perolehan Hibah BOPTN Kemenag 2019 oleh tim dosen prodi Biologi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sumatera Utara Medan, ibu Kartika Manalu, M. Pd. dan Rasyidah, M. Pd.

Melalui pelatihan ini, masyarakat Desa Jentera Kabupaten Langkat dapat memanfaatkan limbah padat tahu berupa ampas tahu menjadi bahan pangan dalam bentuk kerupuk dan nugget.  Selama ini masyarakat hanya memanfaatkan ampas tahu sebagai pakan ternak dan dijual sangat murah per kilogramnya. Masyarakat yang menjadi peserta dalam kegiatan ini berasal dari pelaku industri tahu, ibu rumah tangga dan ibu-ibu PKK. Peserta sangat antusias karena baru pertama kali ini ada kegiatan pelatihan seperti ini di desa mereka.