19 November 2019 09:02 wib
  • pendidikan

Mahasiswa Program Studi Biologi Fakultas Sains dan Teknologi UIN-SU Medan mengadakan kegiatan  kuliah lapangan ke Pantai Sialang Buah Kecamatan Teluk Mengkudu, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, pada hari Sabtu (19/10/2019). Peserta adalah mahasiswa semester 3 Angkatan 2018 yang mengambil mata kuliah Taksonomi Invertebrata yang berjumlah 58 orang beserta Asisten Laboratorium 12 orang dan juga di damping oleh dosen pengampu mata kuliah Syukriah, M.Sc dan Efrida Pima Sari T., M.Pd.

Kuliah lapangan yang diselenggarakan ini bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memperdalam materi kuliah dan mensinkronkan antara teori yang selama ini didapatkan di dalam kelas dengan praktik keilmuan yang dilakukan di lapangan. Dengan demikian, mahasiswa dapat mengambil refleksi atas apa yang telah mereka lihat di lapangan secara langsung.

Peserta berangkat pada pukul 06.30 WIB menggunakan 2 Bus Pariwisata dari Kampus 1 UIN-SU Sutomo dengan lama perjalanan berkisar 1.5 jam. Sesampainya di tempat Dosen Mata kuliah Memberikan pengarahan terkait kegiatan yang akan dilaksanakan. Kemudian mahasiswa mulai menelusuri pesisir pantai untuk melakukan kegiatan kuliah lapangan. 

Dalam prosesnya mahasiswa melakukan pengamatan langsung terhadap hewan-hewan invertebrata di sepanjang pesisir pantai. Berbagai jenis hewan dari kelompok mollusca, echinodermata, coelenterata dan arthropoda ditemukan oleh mahasiswa dan selanjutnya dilakukan pembersihan untuk dikoleksi. Hewan yang telah dikoleksi selanjutnya diidentifikasi dan diawetkan yang dibimbing oleh Dosen mata kuliah serta dibantu oleh Asisten Laboratorium

Mahasiswa sangat antusias mengamati hewan invertebrata dan menikmati suasana belajar berbeda. Penuh kebersamaan dan keceriaan selama belajar dan berada di alam terbuka, menyebabkan mahasiswa sangat berbahagia. Kegiatan ini berakhir pada pukul 17.00 WIB.